Tanaman Hias Daun Kecil

Jarak Hias Pengundang Kupu-Kupu.




Salah satu tanaman hias yang sangat efektif mengundang kupu-kupu ke halaman rumah kita adalah bunga Jarak Hias (Jatropha podagrica) atau yang sering juga disebut sebagai bunga Jarak Bali. Berbagai jenis kupu-kupu yang sering hadir antara lain dari jenis Great Mormon, Kupu-kupu jeruk, Hypolimnas dan sebagainya.
Jarak Hias memiliki tampilan yang sangat menarik. Batangnya yang bergetah dan beracun, menggelembung pada bagian pangkalnya sehingga membuat tampilan tanaman hias ini terlihat kuntet. Karena pendek dan lucu, jarak hias juga banyak ditanam di dalam pot porselen dan dimanfaatkan sebagai penghias meja.  Daunnya sendiri berjari tiga  dan menyerupai trisula hijau segar. Jarak pagar  berbunga dengan sangat rajin. Bunganya yang kecil-kecil biasanya bergerombol mirip bunga karang berwarna merah jingga cerah.  Oleh karenanya sangat mudah mengundang kupu-kupu datang.
Buah Jarak Hias yang muncul di sela-sela bunganya juga terlihat cukup menarik. Dan biji ini jika sudah tua dan kering bisa kita manfaatkan untuk mengembang-biakkannya kembali. Secara umum tanaman ini mudah dirawat, sepanjang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar